Karisma Honda Cyber Community
July 24, 2014, 07:21:48 PM *
Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length
News: New KHCC Portal
Enjoy!
 
   Home   Help Search Calendar Login Register Forum  
*

User

Welcome, Guest. Please login or register.
July 24, 2014, 07:21:48 PM

Login with username, password and session length

Last 25 Shouts:

 

dhanes

December 12, 2013, 12:04:04 PM
Test
 

dhanes

September 25, 2013, 04:44:26 PM
halo
 

IRWaN HaNDOKO

March 21, 2013, 04:28:34 PM
ben, lo daerah mana?
 

beni_utomo

March 19, 2013, 12:26:12 PM
assalamu\'alaikum,
ada yg tau ga bengkel yg bagus nih...secara udah lama gak di tangani sama montir yg recommended..... sekalian sama modifikasi bagian depan...hehehehe...suwun...

bob #201

September 01, 2012, 08:37:03 AM
wahhh... forum RAME lagi, dan gw baru Ngeh :-P

budisantoso

August 20, 2012, 06:15:04 AM
Hallo, semua... KHCC semakin rame aja, sukses untuk semua dah, dan juga KHCC, semoga semakin populer...
XAMthone,XAMthone Plus
 

Dagienk

July 30, 2012, 09:18:35 AM
koq ga bisa reply yaaa
sama bikin topic baru ?
 

Dagienk

July 30, 2012, 09:10:19 AM
Happy B\'day KHCC ^__^

Show 50 latest
Pages: [1] 2 3 4   Go Down
  Print  
Author Topic: Saringan udara  (Read 10142 times)
MagS
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1039



WWW
« on: April 23, 2008, 09:16:28 AM »

'Apa ada yang dah rubah / modif saringan udara standar?
Pake yang model apa & merknya........trus pengaruh positif & negatif nya apaan tukh............share please.....thx'
Logged

'Salam,
Agung144
KALO KETEMU NYANG BEGINI, COLEK AJEH YEEE'
nio
Global Moderator
Cinta KHCC
*

Reputasi: 1
Offline Offline

Posts: 670



WWW
« Reply #1 on: April 23, 2008, 09:45:50 AM »

'saringan udara merupakan 'mainan' awal untuk mendongkrak performa motor standar. macem2 gayanya. ada yang box filternya diganjal ring sehingga ada celah sedikit (tidak kelewat rapat) dengan harapan udara masuk lebih banyak namun tetap bersih karena difilter. ada juga yang nekat membolongi kotak filter jadi bolong-bolong ala sarang tawon. ini buat yang ingin mempertahankan kotak filter standar.

modifikasi di element kertas / busa (di motor jaman dulu) juga ada. ada yang busanya diganti dengan MC Foam Filter yang lebih tipis namun tetap menyaring udara dengan baik. ada yang nekat nipisin sendiri busa filter. untuk yang kertas, ada yang digunting sedikit / dibelah dengan cutter dan lain sebagainya. ada juga yang mengganti box filter utuh dengan filter udara ala racing.
fungsinya semuanya sama : meloloskan udara sebanyak mungkin.

ubahan di filter udara, mempengaruhi setelan angin pada motor. jadi jangan lupa untuk menyetel ulang karburator.

kemarin, supra 125 ane baru ganti element filter setelah setahun setengah dipake. belum ada sejarahnya selama punya motor gue ganti busa filter tuh. hehehe. cuma karena si supra punya udah dekil banget, akhirnya diganti. menurut adik gue yang pake tuh supra, pasca penggantian element filter dan setel ulang setelan udara (just to make sure aja), tarikan motor lebih enak dan gesit. konsumsi bensin lebih irit meski tak begitu signifikan. oya, element filter diganti standar - tanpa modifikasi apapun. begitu juga dengan box filternya. standar kabeh.

saran aja, kalo motor masih standar ting-ting, lebih baik nggak perlu utak-atik saringan filter melainkan cukup secara rutin menjaga kebersihannya. dalam beberapa modifikasi kebablasan seperti copot filter udara, yang ada mesin malah ngoook di putaran tinggi dan resiko silinder baret.

tapiiiii ... kalo masih mau modif juga, boleh jajal element filter K&N. jangan kaget kalo harganya mahal amat dan amat mahal buat yang asli. kalo yang abal2 mah murah meriah dan merusak, hehehe. element filter K&N asli rasanya tak ada yang buat karisma, paling banter modif lagi sendiri. '
Logged
Juliant
Belahan Jiwa KHCC
******

Reputasi: 13
Offline Offline

Posts: 2800


Real Scooter is made by steel


WWW
« Reply #2 on: April 23, 2008, 09:52:24 AM »

'untuk karbu diameter venturi 18 ( karisma ) kayaknye gak ada jeng nio K&N, tapi kalo 24 ke atas ada deh :D.
tjuman itu die harganye gak bersahabat :D, di jakarta banyak debu, belom kalau hudjan, Kalo saia sih dari pada nyusahin mending gak usah di ganti :D.
'
Logged

"Pecinta BESI tua"
"Selama masih ada cumi cumi kota, aku akan tetap naek vespa"
MagS
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1039



WWW
« Reply #3 on: April 23, 2008, 09:54:03 AM »

'Suhu ini mang tau persis ingpo apa nyang kite mau.........antepp dekh.......
Kalo boleh tau.....elemen apa aja sikh yang ada didalam saringan udara standar.
Kalo liat boxnya dengan berbagai embel2nya ......kayaknya gak hanya menyaring udara dan meneruskan ke carb yak....... ada selang yan kebawah...katanya untuk menampung air yang mungkin masuk...

Trus gemana juga kalo diganti yg modif kan biasanya jadi lebih simpel bentuknya......sehingga angin juga jadi lebih lancar......kalo kena air dari depan gemana jadinya tukh........'
Logged

'Salam,
Agung144
KALO KETEMU NYANG BEGINI, COLEK AJEH YEEE'
nio
Global Moderator
Cinta KHCC
*

Reputasi: 1
Offline Offline

Posts: 670



WWW
« Reply #4 on: April 23, 2008, 10:22:32 AM »

'box filter udara fungsinya  untuk menyaring udara sebelum masuk ke mesin. kalo selang yang dibawah itu, fungsinya ada dua. sebagai indikator debu sebagai sinyal kapan mesti bebersih filter dan sebagai tempat menampung air. maksudnya, jika ada air masuk ke dalam box filter, nggak perlu repot copot box filter. cukup buka selang itu aja gitu. air pasti ngumpul di situ karena bagian itu posisinya paling bawah / rendah.

box filter udara juga berfungsi sebagai tempat suplai udara yang dihirup mesin untuk proses pembakaran. nggak becanda, volume box filter udara dihitung rumit oleh pabrikan dan disesuaikan dengan kapasitas mesin dan lainnya.  ini gak main-main, pengaruhnya besar sekali. sebagai contoh, shogun 110 'kebo' lawan shogun 110 baru, yang menang shogun 110 'kebo'. biarpun jetting karbu disamakan, tetap yang menang shogun 110 'kebo'. kenapa bisa begitu ? karena volume box filter udara di shogun 110 lama lebih besar dari punya shogun 110 baru.

itu sebabnya, modifikasi box filter udara mengacu pada tehnik bagaimana menghilangkan sekat2 / hambatan  seefektif mungkin. tujuannya, memperbesar suplai udara itu tadi. sayangnya, biar gede sekalian biasanya orang malah mencopot box filternya sekaligus. yang ada bukannya kenceng malah lemot nanti di putaran atas.

dulu ada modifikasi ala turbo untuk box filter. ini trik di road race di jaman 2 tak dulu. nggak tahu masih efektif atau nggak. dari box filter dibuat selang yang mengarah ke depan. istilahnya, dibuat 'belalai'. tujuannya supaya dorongan angin mengalir cepat dan deras ke box filter dan langsung ditransfer ke karburator. ini dipraktekan di yamaha f1z-r. sekarang, trik ini udah nggak pernah saya lihat. lancar sih lancar didorong angin dari depan, tapi masalahnya kenceng atau nggak, nanti dulu. dorongan angin ini diimbangi dengan ubahan lain atau nggak ? jangan sampai udara yang masuk kebanyakan.

setuju sama om jul ... ketimbang nyusahin, lebih baik pelihara box filter dan element penyaringnya dengan baik. kalau udah dekil tuh element, ganti.'
Logged
MagS
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1039



WWW
« Reply #5 on: April 23, 2008, 11:34:50 AM »

'Once deh komplit bangedd dah pake telorrr........Thx Om Nio
Berarti keliatannya gak ada yang gak pake standar yak lainnya........'
Logged

'Salam,
Agung144
KALO KETEMU NYANG BEGINI, COLEK AJEH YEEE'
aribhawa
Ngintip
*

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 34



« Reply #6 on: April 23, 2008, 06:03:55 PM »

'suhu tok... Kemarin aye service motor disuruh buka aje saringan udara atau filternya itu tuh... Jadi dah hampir sebulan aye ga pake tuh filter udara, cuma masih pasang boxnya aje.. Katanya sih lebih enteng tarikan. Memang sih lumayanan. Cuma efek negatifnya apa ye..? Selain efek positif diatas..?

th,
ari '
Logged
fandia
Cinta KHCC
****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 572


WWW
« Reply #7 on: April 23, 2008, 06:16:23 PM »

'sama nich Dengan Bro arie ane juga gitu cuma bedanya ane masih pake yang kawat2nya yach yang kertas2 ntu dah di guntingin rapih, tapi gas masih sering nyangkut juga ......
dan selang penampung air dibawah box filter ntu copot apakah berbahaya atau tidak yach???

Suhu Please help me
'
Logged

nio
Global Moderator
Cinta KHCC
*

Reputasi: 1
Offline Offline

Posts: 670



WWW
« Reply #8 on: April 24, 2008, 08:21:44 AM »

'element penyaring semua dilepas dan cuma tinggal box filternya saja. ini juga salah satu trik modifikasi. resiko jangka panjangnya, saya pikir sama saja dengan melepas keseluruhan box filter. udara dari luar langsung terhisap ke dalam mesin tanpa melalui proses penyaringan. kalo udaranya bersih, nggak papa. tapi kalo udaranya kotor, bisa bikin silinder dan piston hancur lebur di kemudian hari. karburator juga cepat kotor dan tersumbat. kalo dibandingkan dengan manfaat yang tak seberapa (kecepatan nambah tak seberapa), rasanya lebih baik filter udara dikembalikan saja fungsinya seutuhnya. selama kita rutin merawat kebersihan si filter, performa juga bisa terjaga dengan apik.

cuma menyisakan kawat nyamuknya saja ? sama saja ! lubang-lubang di kawat nyamuk itu terlalu besar untuk menangkap partikel2 kotoran di udara. dan soal ini nggak berhubungan dengan mekanisme gas yang sering nyangkut. mengingat jam terbang motor ente, fan ... coba pertimbangkan untuk ganti kabel gas deh. sebelum dipasang, minta mekaniknya memberi pelumas bersih ke dalam selongsong kabel gas itu. biar makin mak nyuss. :D

selang 'mampet' di bawah itu dicopot ? udara dari luar bisa terhisap masuk dari sana. kalo selang mampetnya masih ada, dipasang lagi aja. tapi kalo nggak ada, yo wis ... ora opo-opo. saya kira gak terlalu berbahaya.

yang penting, pastikan filter udara terpasang. ingat, pabrikan membuat filter udara ada artinya ! nggak cuma sekedar hiasan. motor motogp aja kayaknya masih pake filter udara deh :D'
Logged
bourne
Global Moderator
Cinta KHCC
*

Reputasi: 4
Offline Offline

Posts: 533


Behind Dell Latitude E6400


« Reply #9 on: April 24, 2008, 10:25:21 AM »

'Pengin sedikit nambahin, kalo memang filter udara itu dilepas.. mungkin tidak begitu kelihatan bahayanya ketika terang benderang. Udara yang kotor, efeknya pun tidak akan terasa dalam waktu yang dekat. Lah kalo hujan... :D palagi sekarang jakarta lagi demen-demennya bikin banjir, bukan udara yang kesedot, eh malah air yang di sruput. Bisa disamakan, hidung kita di suruh nyedot air, pasti bleb-bleb... bleb-bleb... maced dah...
'
Logged

STOP GLOBAL WARMING
fandia
Cinta KHCC
****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 572


WWW
« Reply #10 on: April 24, 2008, 11:18:33 AM »

'Thanks infonya All bro...
'
Logged

octafiantos
Administrator
Cinta Sejati KHCC
*

Reputasi: -50
Offline Offline

Posts: 1821


me and myself


« Reply #11 on: April 24, 2008, 11:52:50 AM »

'kalo idung kemasupan air, paling bersin2 keluar air lagi.
kalo mesin kemasukan debu2, begitu bersin keluarnya asbak eh piston ya. wah bahaya juga ya kalo tau2 mesin batuk pada keluar klepnya gara2 lepas filter udara :p'
Logged

--
not using signature
aribhawa
Ngintip
*

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 34



« Reply #12 on: April 24, 2008, 03:48:18 PM »

'Siap.... siap pasang lagi.... beli yg baru aje deh filternye.. 30 rb ye...?
Serem juga nih... batukk..? memang saya lagi batuk nih..
hihihihiii...

th,
ari'
Logged
bourne
Global Moderator
Cinta KHCC
*

Reputasi: 4
Offline Offline

Posts: 533


Behind Dell Latitude E6400


« Reply #13 on: April 24, 2008, 05:23:57 PM »

'
Quote
octafiantos wrote:
kalo idung kemasupan air, paling bersin2 keluar air lagi.
kalo mesin kemasukan debu2, begitu bersin keluarnya asbak eh piston ya. wah bahaya juga ya kalo tau2 mesin batuk pada keluar klepnya gara2 lepas filter udara :p


Kalo air genangan, pan bukan air doang om... air + tanah + pasir... bukan debu lagih... dobel-dobel deh rasanya.... :D tapi koq masi sering liad ya, itu karbu tanpa filter udara sama sekali. Ck ck ck ck...'
Logged

STOP GLOBAL WARMING
Greyhound
Cinta Monyet KHCC
***

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 281



« Reply #14 on: April 24, 2008, 05:33:03 PM »

'Halah....
Pada panjang2x amat ngejelasinnya. Ampe pusing bacanya.
Simple ajah kalo utk filter udara mah....
Mesin standard yaa paling bagus filter udara standard jg. Kecuali mesin dah di "obok2x". Hehehehehehe..............'
Logged

'
"white pearl"
YM ID : rearwheelsliding280

In the middle of a crossroad
'
Pages: [1] 2 3 4   Go Up
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.16 | SMF © 2011, Simple Machines
Black "&", Blue Theme By Wdm2005 © 2008
Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.077 seconds with 24 queries.
TinyPortal 1.0 RC1 | © 2005-2010 BlocWeb